Rabu, 05 April 2017

Manajemen Layanan Sistem Informasi : Pemanfaatan Teknologi Yang Sangat Membantu Dalam Kehidupan Sehari-hari



Aplikasi KRL Access



      Pertama kali saya mengetahui aplikasi KRL Access dari teman saya, karena kami sering kali naik kereta dan saya suka melihatnya sedang membuka aplikasi tersebut dengan melihat posisi kereta  yang akan kami tumpangi beserta jam kedatangan kereta tersebut. Pada saat itu saya menganggap bahwa aplikasi tersebut bukan aplikasi resmi dari PT. KRL Commuter Line dan saya merasa jadwal kereta yang tertera tidak akan akurat, sehingga pada saat itu saya tidak berkeinginan untuk mengunduh aplikasi KRL Access. Namun, suatu hari teman saya meminta saya untuk melihat jadwal kereta tersebut karena handphonenya sedang lowbat, tapi saya belum menguduh aplikasi KRL Access dan teman saya meminta saya untuk mengunduh aplikasi tersebut dan mengatakan bahwa aplikasi itu resmi dari PT. KRL Commuter Line, sehingga saya pun mengunduh aplikasi KRL Access dan mulai mencoba untuk menggunakannya. 


      Keesokan harinya ketika saya berangkat kuliah dari rumah jam 7 pagi untuk menuju Stasiun Pondok Cina, saya memeriksa terlebih dahulu jadwal waktu dan tujuan kereta yang akan datang di stasiun keberangkatan, agar saya tidak terlalu lama menunggu di stasiun keberangkatan. Saat saya melihat jadwal yang ada dengan posisi kereta dengan tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota akan memasuki stasiun keberangkatan saya pukul 7 lewat 15, saya merasa beruntung karena waktu dari rumah ke stasiun keberangkatan tidak terlalu jauh yang hanya membutuhkan waktu 8 menit, sehingga ketika saya tiba di stasiun keberangkatan kereta yang saya lihat jadwalnya tadi di aplikasi KRL Access sedang menuju stasiun keberangkatan saya. Tidak lama kemudian, saya pun menaiki kereta bertujuan akhir Stasiun Jakarta Kota tersebut dan turun di Stasiun Pondok Cina. 


       Pengalaman saya juga berlanjut dimana pada saat itu saya dan teman saya sedang berada di Stasiun Tebet jam 10 kurang 15 dan ingin pergi ke Stasiun Bogor, sebelumnya saya telah melihat jadwal kereta dengan tujuan akhir Stasiun Bogor menggunakan aplikasi KRL Access yang akan tiba di Stasiun Tebet jam 10 pagi dan kereta tujuan akhir Stasiun Bogor berikutnya masih terpaut jauh dengan kereta yang akan datang pada saat itu. Namun ketika kereta datang di jam 10 pagi, pemberitahu Stasiun Tebet melalui speakernya berkata bahwa kereta yang akan masuk adalah kereta yang bertujuan akhir Stasiun Depok, saya dan teman saya memutuskan untuk menaiki kereta tersebut. Anehnya, ketika kereta memasuki Stasiun Cawang pemberitahu stasiun melalui speakernya berkata bahwa kereta yang kami tumpangi adalah kereta bertujuan akhir Stasiun Bogor dan saya membuka aplikasi KRL Access dan melihat kereta tujuan mana saja yang sedang berada di Stasiun Cawang, saya melihat di aplikasi tersebut bahwa kereta yang sedang berada di Stasiun Cawang adalah kereta tujuan akhir Stasiun Bogor dan ternyata pada stasiun-stasiun pemberhentian selanjutnya selalu diumumkan bahwa kereta yang kami tumpangi adalah kereta dengan tujuan akhir Stasiun Bogor, lalu kami pun tiba di Stasiun Bogor. Saya dan teman saya merasa beruntung untuk memutuskan naik kereta yang kami tumpangi pada saat itu.



  • Berikut ini adalah contoh penggunaan Aplikasi KRL Access :
  1. Setelah mengklik ikon aplikasi KRL Access yang ada di handphone, maka muncul tampilan depan :

  2. .       Lalu akan muncul tampilan kedua yang menyediakan berbagai pilihan menu

        
    3. Terdapat juga bagian depan dari aplikasi ini yang berisi informasi terbaru mengenai perjalanan KRL Commuter Line
      
    4. Pada saat menglik pilihan “Train Position” dari menu, maka anda dapat melihat posisi kereta yang akan memasuki stasiun tertentu. Disini saya akan mengetik nama Stasiun Tebet, lalu akan muncul kereta tujuan mana saja yang akan memasuki Stasiun Tebet dan sudah sampai dimana posisi kereta.


    5. Lalu terdapat menu “Schedule And Route”, ketika diklik maka akan muncul pilihan untuk mengetikan stasiun dimana anda berada dimulai dari jam tertentu . Saya mengetikkan “Tebet” dan pada pukul 17:47 hingga 18:47, lalu saya klik pilihan “Show”, maka muncul waktu dan tujuan kereta


 

6.   Pada menu “Fare” kita dapat melihat tarif untuk melakukan perjalan menggunakan KRL Commuter Line ini. Saya mengetikkan stasiun keberangkatan saya yaitu Stasiun Tebet menuju Stasiun Pondok Cina, lalu saya mengklik pilhan “Show”, maka akan muncul tarifnya senilai Rp. 3000 





7.   Pada menu “Email Complain” anda dapat mengetikkan kritik dan saran anda mengenai pelayanan dalam menggunakan KRL Commuter Line, lalu klik “Show”



       8. Pada menu “Route Map” anda dapat melihat rute perjalanan KRL Commuter Line





9.  Pada menu “C-Traffic” anda dapat melihat informasi penting terkait dengan perjalanan KRL Commuter Line yang biasanya merupakan informasi tentang gangguan mengenai perjalanan KRL Commuter Line




  • Kesimpulan :
      Aplikasi KRL Access ini sangat membantu saya dalam melakukan perjalanan untuk menggunakan KRL Commuter Line di kehidupan sehari-hari. Dengan berbagai fitur menu dalam aplikasi tersebut yang lengkap, saya dapat melakukan perjalanan menggunakan KRL Commuter Line tanpa perlu khawatir mengenai waktu keberangkatan, tujuan  dan masalah dalam perjalanan KRL Commuter Line.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar