Rabu, 19 Juli 2017

Alasan Banyaknya Muncul E-Commerce serta Dampak Positif dan Negatifnya

E-Commerce (Electronic Business) atau perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web website. Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, e-commerce pun mulai banyak bermunculan di masyarakat, seperti Shopee, Blibli, Elevania, Mataharimall, dan Zalora. Saat ini hampir setiap orang sudah memiliki smartphone yang menyediakan berbagai aplikasi e-commerce, yang tentunya tidak menutup kemungkinan untuk melakukan kegiatan e-commerce, mulai dari belanja juga berjualan yang menyebabkan banyaknya e-commerce. Produk yang dikeluarkan oleh e-commerce ini pun juga bermacam-macam yang jarang ditemui jika membeli langsung ataupun karena jarak yang jauh antara konsumen dan barang yang diinginkannya, sehingga konsumen lebih memilih membeli produk tersebut melalui e-commerce. Produk yang ditawarkan melalui e-commerce juga ssering mendapatkan promo yang membuat konsumen lebih menyukai berbelanja melalui e-commerce, sehingga menyebabkan banyak munculnya e-commerce.
Selain mengenai produk, setiap orang bisa menggunakan aplikasi e-commerce untuk berjualan, misalnya menjadi reseller, yaitu orang yang menjual kembali barang yang telah dibelinya dari grosir atau distributor dengan harga yang lebih tinggi kepada orang lain. Selain reseller, seseorang juga dapa menjadi dropshipper dalam e-commerce, yaitu orang yang menjual produknya dengan menggunakan foto supplier tanpa perlu membeli produknya terlebih dahulu, lalu supplier lah yang melakukan packaging untuk pengiriman barang, namun nama pengirim produk yang dicantumkan  oleh supplier adalah nama dropshipper. E-Commerce saat ini sudah banyak bermunculan juga tentunya disebabkan karena setiap orang sudah mengerti pentingnya berwirausaha dan penggunaan teknologi. Dibalik alasan banyaknya e-commerce yang muncul, tentu terdapat dampak positif dan negatif. 

Dampak positif e-commerce yaitu :
  1. Memudahkan konsumen untuk berbelanja secara online pada setiap waktu, baik produk dari dalam atau luar negeri.
  2. Membuat setiap orang dapat berjualan dengan produk yang diinginkan.
  3. Memudahkan penjual untuk memasarkan produknya yang berasal dari luar negeri
  4. Memudahkan konsumen untuk membandingkan harga produk yang diinginkan.
  5. Perusahaan e-commerce yang sudah terbilang sukses biasanya menyediakan lowongan pekerjaan bagi masyarakat yang ingin bekerja di dalam perusahaannya dalam posisi tertentu.
Dampak negatif e-commerce yaitu :
  1. Memicu terjadinya penipuan. Jika tidak cermat, pembeli dapat tertipu oleh penjual yang tiba-tiba menghilang setelah uang ditransfer.
  2. Data pembeli seperti nomor handphone atau telepon, nomor rekening, email, dan lain-lain dapat disalahgunakan oleh penjual yang berniat tidak baik.
  3. Dapat menurunkan keuntungan pedagang kecil jika tidak cepat berinovasi, sehingga menyebabkan kesenjangan sosial.
  4. Menghilangkan interaksi antara penjual dan pembeli secara langsung, sehingga dapat menyebabkan pembeli tidak mengerti cara berbicara untuk tawar-menawar.
  5. Menyebabkan perilaku konsumtif pada pembeli,  karena terus melihat produk pada situs e-commerce yang tidak terlalu dibutuhkan.
Daftar Pustaka








Tidak ada komentar:

Posting Komentar