Senin, 25 September 2017

Grafik Komputer dan Pengolahan Citra

Pengertian Citra, Grafik, Pengolahan Citra, Grafik Komputer dan Pengaplikasiannya


Hana Mansjur
13115011
3KA08

Saat ini, kemajuan teknologi berkembang dengan pesat. Hampir setiap bidang menggunakan teknologi, tidak terkecuali untuk bidang citra dan grafik. Kualitas gambar yang dihasilkan dari teknologi untuk bidang ini pun semakin baik, seperti yang dapat dilihat pada film, rancangan suatu desain bangunan, dan lain sebagainya. Selain teknologi, diperlukan juga teknik pengolahan dan media yang diperlukan untuk menghasilkan suatu gambar yang berkualitas. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengolahan citra dan grafik komputer. Sebelum masuk ke penjelasan pengolahan citra dan grafik komputer, sebenarnya apa pengertian citra dan grafik itu sendiri? 

Citra adalah suatu gambaran yang terdapat dalam suatu hal, baik benda maupun orang yang dapat dilihat dan dirasa oleh pihak lain, sehingga pihak lain dapat memahami suatu gambaran yang ingin diperlihatkan, sementara grafik adalah suatu objek yang digunakan untuk menggambarkan suatu data yang diterima baik angka, simbol, huruf dalam bentuk garis, batang, atau diagram agar mempermudah pembacaan data sehingga menjadi informasi.

Pengertian Pengolahan Citra
Pengolahan citra adalah suatu hal yang dilakukan untuk merubah suatu citra/gambar melalui berbagai cara yang digunakan agar terlihat hasil dengan kualitas yang diinginkan.
Pengolahan citra terdiri dari 3 kategori, yaitu :
1. Kategori Rendah 
Kategori yang digunakan untuk mengolah citra secara sederhana, seperti mengatur cahaya dan ketajaman suatu citra
2. Kategori Menengah 
Kategori yang digunakan agar citra dapat dibagi menjadi beberapa bagian
3. Kategori Tinggi 
Kategori yang digunakan agar citra dapat dipahami dengan cara mendeskripsikannya.

Penerapan Pengolahan Citra
Dalam pengaplikasiannya, pengolahan citra dapat diterapkan dalam beberapa bidang dalam kehidupan sehari-hari, yaitu :
1. Biomedis
Dengan pengolahan citra yang terus dikembangkan, maka penyakit tulang dapat dideteksi melalui bantuan sinar x dan mendapatkan hasil rontgen.

2. Biometrika
\
Sistem yang membuat dikenalnya suatu pengaman menggunakan bagian tubuh yang dapat membedakan antara satu orang dengan yang lainnya, seperti sidik jari dan wajah.

3. Pengindraan Jarak Jauh (Remote Sensing)

Melalui pengolahan citra yang terdapat pada bidang ini, maka suatu wilayah seperti kota atau desa dapat dideteksi sumber daya alam serta kerusakan yang terjadi di dalamya.

Pengertian Grafik Komputer
    Grafik komputer adalah suatu bidang keilmuan yang mempelajari pembuatan suatu gambar dengan dibantu teknologi komputer,serta didukung dengan berbagai objek dasar yang digunakan untuk membuat suatu gambar seperti garis, warna, dan objek dasar lainnya.
Grafik komputer terdiri dari 2 jenis dimensi, yaitu :

1. 2D (2 Dimensi)

Gambar 2D hanya mempunyai dua ukuran yaitu panjang dan lebar. Contoh dari gambar 2D yaitu lukisan dan poster.


2. 3D (3 Dimensi) 

Gambar 3D mempunyai tiga ukuran yaitu panjang, lebar, dan tinggi, serta mempunyai volume sehingga terlihat nyata. Contoh dari gambar 3D, yaitu patung dan meja.

Grafik komputer mempunyai 4 cabang bidang ilmu, diantaranya : 
1. Geometri : Cabang ilmu yang mempelajari tentang pengukuran mengenai suatu gambar yang didasarkan dengan titik, garis, dan sifat dari suatu gambar tersebut.
2. Animasi : Suatu proses yang membuat gambar menjadi bergerak baik melalui secara manual maupun digital
3. Rendering : Suatu proses akhir dalam pembuatan suatu gambar yang dapat dilakukan melalui berbagai aplikasi pada komputer agar gambar terlihat lebih nyata sesuai yang diinginkan
4. Citra : Proses pemahaman dalam mendeskripsikan suatu gambar

Penerapan Grafik Komputer 
Grafik komputer dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang, yaitu :

1. Bidang Pendidikan
Digunakannya aplikasi untuk membuat suatu presentasi menjadi lebih baik untuk dilihat, seperti aplikasi microsoft power point.

2. Bidang Hiburan

                      
Pada pembuatan film atau video game sehingga mempunyai animasi yang terlihat nyata.

3. Computer Art
Pada bidang ini, grafik komputer digunakan untuk  membuat suatu seni gambar secara digital yang dapat menggunakan aplikasi pengolah gambar, seperti Adobe Photoshop, Corel Painter, Corel Particle Shop, dan lain sebagainya.

4. CAD (Computer Aided Design)
Program komputer yang dapat membuat gambar dalam bentuk 2D dan 3D, sketsa, melalui garis dan simbol untuk membuat produk tertentu.

5. GUI (Graphical User Interface)
Dapat ditampilkannya gambar yang menunjukkan suatu instruksi pada suatu menu, sehingga mempermudah user/pengguna dalam melakukan suatu instruksi.

   Dengan berbagai manfaat yang terdapat pada pengolahan citra dan grafik komputer dalam membentuk suatu gambar menjadi aplikasi yang dapat digunakan untuk mempermudah kegiatan yang dilakukan dalam sehari-hari, para pengguna diharapkan tidak hanya dapat menikmati aplikasi yang ada tetapi juga dapat terus mengembangkan aplikasi pengolahan citra dan grafik komputer agar terciptanya inovasi yang bermanfaat bagi kehidupan.

Sumber :
Putra, Darma. 2010. Pengolahan Citra Digital. Indonesia : Andi Publisher.
http://faqihzaeni.blogspot.co.id/2014/12/pengertian-geometri.html?m=1
http://www.grafis-media.website/2017/05/pengertian-rendering-dan-contohnya.html?m=1
https://putuadisusanta.wordpress.com/2015/08/06/area-penggunaan-pengolahan-citra-digital/
http://ardiantareza.blogspot.co.id/2014/10/pengertian-dan-pengaplikasian-komputer.html?m=1
https://m.merdeka.com/pendidikan/awas-keliru-ini-beda-antara-seni-rupa-2-dimensi-dan-3-dimensi.html
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
https://ariedwijayanto.wordpress.com/2013/09/26/penerapan-grafik-komputer-di-berbagai-bidang/
https://www.canva.com/create/posters
http://artliagallery.com/lukisan-natural/lukisan-merpati-lia-gallery-natural
https://dwipw.wordpress.com/2010/10/13/computer-aided-design-cad/
http://mobile.digitalartsonline.co.uk/features/creative-software/best-digital-painting-software-for-mac-pc/
http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-dan-sejarah-singkat-gui/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar