Sabtu, 12 November 2016

Contoh Manfaat Inovasi Teknologi Dalam Kehidupan Sehari-hari



Seiring berjalannya waktu, teknologi terus berkembang dalam mengisi kebutuhan hidup. Pada berbagai bidang kehidupan semua telah menggunakan teknologi, mulai dari bidang ekonomi, sains, sosial, dan lainnya. Setiap orang di era ini tentunya sangat merasakan manfaat yang begitu besar dari inovasi teknologi yang membuat berjalannya hidup semakin terasa mudah. Contoh inovasi teknologi yang digunakan sehingga bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, yaitu :

1. Paypal















           

     
          Paypal merupakan aplikasi bank online yang berasal dari Amerika Serikat. Pembayaran melalui paypal ini sangat bermanfaat bagi seseorang yang senang berbelanja barang yang hanya tersedia di luar negeri. Aplikasi paypal pun tersedia di smartphone melalui playstore, app store, dll. Paypal juga menerima berbagai jenis mata uang di dunia. Akun Paypal dapat dibuat untuk pribadi dan bisnis. Untuk membuat akun Paypal dibutuhkan nomor kartu kredit dari pemilik akun agar bisa melakukan transaksi  dan bagi yang tidak memiliki kartu kredit juga bisa menggunakan VCC (Virtual Credit Card) agar pemilik akun mempunyai saldo rekening dalam akun Paypal yang bisa didapat melalui banyak orang di internet yang menjualnya dengan harga yang beragam. Selain kartu kredit, email untuk membuat akun Paypal juga sangat dibutuhkan, karena untuk melakukan transaksi yang dituju dibutuhkan email dari pemilik akun Paypal. Contoh dari transaksi paypal ini adalah seseorang ingin membeli barang kreasi dari temannya yang berasal dari luar negeri , tentu Paypal akan sangat bermanfaat bagi kedua orang tersebut hanya dengan meminta alamat email yang dituju sehingga uang akan terkirim.

 
            Paypal juga mempunyai keuntungan bagi penjual maupun pembeli, yaitu : 

* Keuntungan bagi pembeli :Pihak pembeli yang menggunakan Paypal sebagai alat pembayaran bisa mengirimkan komplain kepada pihak Paypal dalam waktu 45 hari jika barang yang dibeli belum sampai pada waktu yang ditentukan pihak penjual atau barang yang dikirim ternyata tidak sesuai dengan deskripsi barang yang diberikan oleh si penjual. Jika si pembeli yang tidak puas bisa membuktikan bahwa si penjual melakukan penipuan (fraud) maka si pembeli akan mendapatkan pengembalian uang (charge back) dari perusahaan kartu kreditnya. 

* Keuntungan bagi penjual: Paypal tentunya tidak hanya melindungi satu pihak saja, tapi semua pihak. Paypal juga melindungi penjual dari permintaan pengembalian uang atau komplain bohong dari si pembeli yang berniat buruk. Kebijakan perlindungan tertulis untuk penjual dirancang untuk melindungi penjual dari klaim atau komplain palsu dari pembeli yang mengaku telah mengirimkan uang yang ternyata tidak ada catatan bukti pembayaran dan catatan transaksi. 

          Setiap transaksi yang dilakukan dengan mengunakan Paypal selalu ada catatan bukti pembayaran di masing-masing akun Paypal, baik penjual maupun pembeli. Catatan ini bisa digunakan sebagai bukti bahwa telah terjadi pengiriman uang antara pembeli dan penjual.

       2. Mesin MyGrapari 




Dengan adanya inovasi teknologi yang terus berkembang hingga membuat sisem jaringan teknologi semakin berkualitas. Saat ini, sudah banyak masyarakat yang menggunakan jaringan 4G LTE termasuk saya yang sebelumnya hanya menggunakan jaringan 3G bagi handphone, modem, dan sebagainya. Melalui operator seluler masyarakat dapat menikmati layanan 4G ini dan tidak perlu membuang nomor lama yang masih bersinyal 3G dengan mesin MyGrapari yang dimiliki oleh perusahaan telekomunikasi Telkomsel.  Mesin MyGrapari ini dapat dijumpai diberbagai Grapari Telkomsel yang ada di seluruh kota di Indonesia.Penggunaan mesin MyGrapari ini bisa dilakukan secara sendiri oleh pemilik nomer telkomsel atau yang disebut self-service. Selain nomer telkomsel yang dimiliki, pelanggan juga harus mendaftarkan nomor dan nama KTP sebagai bukti yang sah telah menambahkan jaringan 4G ke nomor telkomsel yang akan digunakan nantinya. Setelah mengisi semua data yang akan tertera dalam mesin MyGrapari , pelanggan akan mendapatkan kartu SIM nomor telkomsel  yang tentunya sama dengan nomor yang dulu dimiliki pelanggan yang akan keluar melalui mesin MyGrapari. 
          Pelanggan juga dapat bertanya kepada pihak Telkomsel yang ada di dekat mesin MyGrapari jika belum mengerti bagaimana cara mengoperasikan mesin tersebut dan pelanggan juga dapat meminta bantuan untuk memasangkan kartu SIM nomor yang baru ke dalam handphone pada pihak yang sedang berjaga di Grapari Telkomsel tersebut. Kehadiran MyGraPari merupakan salah satu upaya Telkomsel untuk bertransformasi menjadi perusahaan digital. Secara berkala, mereka melakukan perubahan interaksi layanan dari media legacy (GraPARI dan Call Center) ke media digital (Selfcare & Ecare). 


          Contoh manfaat dari teknologi inovasi ini membuat masyarakat dapat merasakan kualitas hidup yang baik dan tidak harus merasa bingung bagaimana untuk berinteraksi dengan dunia luar. Masyarakat diharapkan mampu mengambil manfaat yang baik dari inovasi teknologi ini dan tidak bersikap berlebihan mengambil manfaat yang ada seperti terus berbelanja hal yang tidak penting melalui Paypal serta pemakaian internet secara boros karena dengan adanya jaringan 4G yang berjalan cepat, agar kehidupan yang dijalani seimbang sehingga membuat masyarakat tidak terkena dampak negatif dari inovasi teknologi yang terus berkembang saat ini.



Daftar Pustaka







Tidak ada komentar:

Posting Komentar